Bulan Ramadan, MUI Riau Imbau Umat Muslim Perbanyak Baca Al Quran



PEKANBARU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau Ilyas Husti mengajak semua umat Islam untuk menjadikan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk sebagai ladang amal, perbedaan jangan dijadikan sebagai permasalahan, semuanya harus bersatu.


"Islam rahmatan lil alamin perbedaan ijtihad itu jangan saling menyalahkan tapi harus saling menghargai, tidak perlu dipertentangkan dan diperdebatkan,"ujar Ilyas, Minggu (3/4/2022).


Karena menurut Ilyas Husti, ada dua metode yang dilakukan dalam penghitungan bulan, mulai dari metode hisab yang dilakukan Muhammadiyah dan hilal melihat rukyat yang dilakukan pemerintah.


"Boleh saja dua keyakinan, itulah hebatnya kita di Indonesia, dan perbedaan itu jangan menjadi masalah bagi kita,"ujar Ilyas Husti.


Menurut Ilyas Husti yang penting dilakukan pada Ramadan ini bagaimana agar bisa meningkatkan ibadah bagi umat Islam, dengan intinya menjalankan ibadah yang baik berkualitas.


"Karena masih Pandemi Covid-19 tetap jaga Prokes. Di antaranya walaupun sudah rapat shaf salat, namun dianjurkan tetap pakai masker,"ujar Ilyas Husti.


Umat islam juga menurut Ilyas Husti, harus menjaga keamanan kenyamanan ketentraman selama Ramadhan dengan meningkatkan kiyamu Ramadan, membawa keluarga anak untuk meramaikan ramadan.


"Meningkatkan ibadah wajib dan sunnat tarawih, tadarus kiyamullail, memperbanyak membaca Qur'an. Tentu kita menghimbau kaum muslimin meningkatkan ibadah ramadhan,"ujar Ilyas Husti. ***


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama